Pengen android ngirit baterai? gampang matiin aja hp nya dan nyalakan jika dibutuhkan saja, tapi beneran lo kayak gitu ngirit banget baterainya, coba aja terus nyalain kira2 2 jam sekali selama kira2 10 menit aja :))

Ada banyak sebenarnya aplikasi android yang mengklaim bisa membuat baterai lebih irit, misalnya saja juice defender atau du battery saver diantaranya yang pernah penulis gunakan, tapi ya gak lama soalnya perasaan sama saja saat pake sama saat gak pake. Pernah iseng itung2 pas gak pake baterai saver bisa bertahan antara 12 jam – 15 jam, terus install battery saver dan kurang dari 10 jam baterai tinggal sekitar 10%. Udah gitu aplikasi kayak gitu ternyata memberi harapan palsu juga, saat habis charger tertulis 25 jam lagi, belum 10 jam baterai tinggal kurang dari 10%. Mungkin maksudnya 25 jam lagi dalam kondisi hp off terus alias nyala tapi tidak digunakan.

Pernah juga menggunakan aplikasi task killer, tapi pernah baca-baca juga kalau android itu sebenarnya gak perlu task killer, berhubung gak paham akhirnya gak pake-pake lagi.

Setelah lama tidak mengurusi hal tersebut *halah*, beberapa hari yang lalu baca sebuah postingan mengenai partial wakelock di xda developers. Jadi intinya menurut yang penulis pahami, di android saat layar dimatikan dan tanpa aktifitas apa-apa hp akan memasuki fase yang disebut dengan deep sleep, dalam mode ini akan menggunakan resource se minimum mungkin. Nah dalam mode ini juga aplikasi bisa memanfaatkan fitur yang disebut wakelock yaitu tetap bekerja di background dan memanfaatkan resource yang ada sampai maksimal. Sebenarnya tujuan dari adanya wakelock ini adalah agar aplikasi dapat lebih cepat saat dibuka atau untuk aplikasi yang memerlukan memberi notifikasi semisal aplikai2 social media maka user tetap mendapatkan notifikasi yang diperlukan meski aplikasi sedang tidak dijalankan. Hal seperti ini seharusnya tidak masalah hanya saja terkadang membuat baterai menjadi sangat boros karena terlalu banyak aplikasi yang bekerja.

Untuk melakukan monitoring terhadap wakelock ini bisa dicoba aplikasi better battery stats aplikasi berbayar tapi di xda ada versi xda edition yang free. Ada juga wakelock detector di thread tersebut ada penjelasan mengenai wakelock. Kalau penulis pribadi lebih nyaman menggunakan wakelock detector, tampilannya lebih simple daripada better battery stats.
wakelock detector
wakelock detector

Dengan wakelock detector ini kita bisa tahu aplikasi apa saja yang paling banyak bekerja atau yang paling lama berjalan. Kalau udah ketahuan tinggal mau diapain itu aplikasinya, di uninstall atau mau diantemi 😀

Salah satu cara menangani aplikasi yang banyak menggunakan wakelock adalah dengan men disable aplikasi yang dirasa tidak dibutuhkan, jika menggunakan android jelly bean (punya penulis versi 4.2.2) bisa lewat “Settings” – “Apps” kemudian geser ke kanan ke tab “All” kemudian pilih aplikasi yang mau di disable, misal “Weather”, tap pada aplikasi kemudian tap tombol disable, akan muncul pop up konfirmasi, silahkan di ok in aja. Pop up konfirmasinya akan memberitahu jika app didisable bisa jadi ada aplikasi lain yang membutuhkan aplikasi tersebut jadi tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Jadi hati hati dalam men disable aplikasi.
disable weather
disable weather

Cara lainnya bisa menggunakan aplikasi greenify bisa baca-baca disini tetapi syaratnya hp harus dalam keadaan sudah di root. Kalau menggunakan greenify ini maka kita tidak akan mendapatkan notifikasi dari aplikasi tersebut jika tidak sedang dijalankan karena aplikasinya selalu dalam keadaan deep sleep kalau tidak dibuka. Ini bahan bacaan mengenai greenify di lifehacker.com

baterai
satu hari lebih dan masih 27% baterainya, jauh lebih ngirit dari biasanya, screenshoot ini dalam kondisi extreme, aplikasi seperti facebook, path, twitter, instagram semua di deep sleep. Auto sync hanya untuk gmail dan google+ (sekedar baca-baca gak pernah post) dan chat hanya menggunakan whatsapp, jadi ya ngirit banget.

Note: penulis bukan pakar atau ahli mengenai hal ini, hanya sekedar sharing pengalaman saja. Kalau ada yang salah monggo silahkan diralat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.