Beberapa hari ini mencoba menggunakan atom text editor, text editor yang dibuat oleh github. Gara-gara ngobrol dengan teman dan akhirnya install. Sebenarnya pas awal-awal rilis sudah pernah install, tetapi karena merasa kurang nyaman (sedikit lag) akhirnya kembali menggunakan sublime text yang unregistered.

Untuk instalasi di distro fedora bisa menggunakan repo ini : helber/atom . atau kalau mau yang agak geek, bisa langsung download dan compile :))

Kesan setelah melakukan instalasi kembali adalah “lumayan”, sudah lebih nyaman daripada saat dulu mencoba pertama kali, secara fitur juga sudah lengkap, meski ada beberapa fitur yang sudah otomatis ada di sublime text untuk di atom ini harus install package terpisah. Misalnya saja highlight kata yang sama yang sedang di blok, di sublime text itu sudah otomatis untuk atom harus install package “highlight-selected”.

Selain itu entah kenapa, di mesin penulis (linux distro fedora 21), saat startup semua folder project yang diletakan di sidebar selalu hilang, sudah menggunakan parameter –multi-folder tetapi tetap saja. Akhirnya nyoba package “save-session” tetapi saat ada beberapa folder hanya 1 folder saja yang terbuka yang lainnya tidak. well untuk sementara ini di script atom.desktop penulis tambahkan path folder lengkapnya, jadi:

atom ~/www/project1 ~/www/project2

sehingga pas membuka atom folder project1 dan project2 langsung terbuka di sidebar. Agak tricky memang :))

Selain itu semuanya baik-baik saja, untuk theme dan lain-lain tinggal mencari saja, banyak yang mirip atau sama dengan yang ada di sublime text, jadinya gak terlalu terasa kalau sebenarnya menggunakan aplikasi yang berbeda.

Oya satu lagi, saat instalasi package terkadang cpu dari laptop sering meningkat drastis sampai nge hang sehingga harus di restart dulu atom nya baru bisa lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.