Upgrade Kernel Di Elementary OS

Distro Elementary os yang sehari hari saya gunakan ini kernel nya masih versi 3.2, sebenarnya gak ada masalah juga cuma agak ngerasa jadul gitu, karena kernel terbaru sekarang kalau gak salah sudah versi 3.15, dari 2 ke 15 ya lumayan jauh versinya meski peningkatan di versi minor saja bukan versi mayor kernel. Dari pihak elementary sendiri kernel yang versi 3.2 ini sudah beberapa kali mengalami update, terakhir kemarin ada update build ke 61.
kernel 3.2

Tapi namanya pengguna biasanya memang kurang puas kalau gak coba-coba yang terbaru. Untuk itu jika pengen update ke kernel 3.14 bisa gunakan cara dari sini.

Langkah-langkahnya:
$ mkdir kernel
$ cd kernel/
$ wget http://goo.gl/s9nC21 -O kernel-3.14
$ chmod +x kernel-3.14
$ sudo sh kernel-3.14

download kernel

Perintah terakhir ini akan mendownload dan kemudian menginstall file-file kernel yang dibutuhkan. Setelah proses selesai reboot komputer, kemudian saat booting pilih kernel yang barusan di download dan diinstall.
kernel 3.14

Kalau misalnya ada masalah bisa di uninstall dengan cara berikut:
$ sudo apt-get purge linux-image-3.14.0*
$ sudo update-grub

Sebenarnya tanpa menggunakan script seperti diatas bisa kok dengan langsung download dari http://kernel.ubuntu.com/~kernel-ppa/mainline/ tinggal download versi yang ingin digunakan dan untuk install nya bisa menggunakan dpkg. Oya script yang digunakan pada cara diatas sebenarnya juga mengambil build kernel dari website ubuntu itu kok jadi ya sama saja.

Intinya jika upgrade kernel jangan uninstall kernel yang lama, soalnya kalau ada masalah tinggal kembali ke versi kernel lama. Kalau penulis sih sekarang sebisa mungkin menggunakan lebih dari 1 versi kernel soalnya pas kapan itu pernah kejadian ada update terus dapat bonus “kernel panic” dan akhirnya install ulang, kalau ada 2 versi kernel atau lebih kan bisa booting dengan versi kernel yang lain untuk kemudian memperbaiki masalah yang timbul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.