Distro disini adalah distro linux bukan distro yang lain. Sebagai seorang end user alias pengguna tingkat paling bawah yang intinya pengen make yang gampang-gampang aja, gak terlalu banyak otak atik sudah bisa digunakan untuk kerja sehari-hari tentu pengen menggunakan distro yang gampang dan nyaman digunakan. Sudah beberapa tahun ini menggunakan linuxmint, alasannya sederhana saja karena linux mint itu turunan dari ubuntu dan otomatis aplikasi-aplikasi yang sudah banyak support di ubuntu bisa digunakan. Kenapa gak pake ubuntu sekalian? karena gak suka sama unity.

Sebenarnya bisa aja pake varian ubuntu seperti kubuntu atau xubuntu, tapi dulu sebelum sempat mencoba sudah terlanjur nyaman menggunakan cinnamon. Ya dulu sebelum beralih full ke linuxmint sempat menggunakan ubuntu dan DE nya diganti dengan cinnamon. Sayangnya kalau pas ada update, entah cinnamon atau ubuntu nya, terkadang sering bermasalah. Karena itu akhirnya full beralih ke linux mint aja, seklian sih karena sudah nyaman menggunakan cinnamon, mungkin gak sekeren KDE atau GNOME, tapi karena sudah berada pada zona nyaman untuk penggunaan sehari-hari jadi agak males pindah. Tapi bukan berarti gak pengen nyoba yang lain.

Beberapa hari yang lalu sempet mencoba install slackware, setelah dulu sempet jadi pengguna setia slackware selama beberapa tahun :D. Alasannya sederhana saja pengen njajal KDE seperti mas #gogonKDE yang femes itu. Pake slackware itu juga nyaman kok, apa yang dibutuhkan untuk sehari-hari sudah lengkap, masalahnya cuma satu, panas, ya panasnya agak berlebihan, Dalam kondisi didiamkan saja tanpa dipake meski yang running ya lumayan, chrome, sublime text, terminal, heidi sql dengan wine kemudian di background jelas ada apache, mysql dan redis suhu nya jika dicek pake acpi -t bisa diatas 60 derajat celcius, padahal di linuxmint, dalam kondisi yang hampir sama kalau didiamkan saja rata-rata dibawah 50 derajat, kalau pas digunakan untuk proses, entah reload browser atau apa emang bisa sampai 60an tapi setelah selesai akan turun suhunya. Beda dengan slackware nya kondisi didiamkan sudah 60an pas reload browser bisa sampai 75 derajat, kalau gak salah pernah lebih malahan. O iya pas reload browser itu pas ngetest kerjaan, jadi ada proses ke mysql ada proses ke redis juga jadi emang lumayan resource yang dibutuhkan.

Akhirnya nyerah dan kembali ke linuxmint 😀

Nah kemarin, berhubung masih penasaran, donwload kemudian install manjaro. DE nya pake KDE juga. Waktu nyoba sih aman-aman saja, maksudnya suhunya wajar-wajar saja. Tapi emang belum sempat install macem2 masih bawaan pabrik semua. Masalahnya cuma satu, modem nya gak bisa digunakan. Kedetek tapi pas di “dial” selalu keluar pesan “modem hung up”, wes lah nyerah lagi. Soalnya modem yang sama lancar jaya digunakan di mint, dan karena menggunakan wvdial maka konfigurasi nya pun hasil copy paste dari linux mint 😀

Emang kok kayaknya make distro itu jodoh-jodohan juga :))

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.