Pernah lihat pengemis di perempatan lampu merah? penulis yakin kalau yang tinggal di kota agak besar, tidak harus kota besar, yang ada perempatan lampu merah pasti pernah lihat. Seperti yang kemarin penulis juga lihat kemarin. Di perempatan monjali jogja dari arah timur, ada seorang anak kecil yang minta-minta. Setiap pengendara yang berhenti karena lampu merah didatengin, gak motor gak mobil. Anaknya kira-kira berumur sekitar 5 atau 6 tahun sekitar jam 8 malam.

Selain anak itu yang muter minta-minta, di pinggir jalan ada ibu-ibu yang menggendong anak bayi. Kalau dilihat dari cara nggendongnya kemungkinan umur bayinya masih dalam hitungan bulan, gak kelihatan soalnya ditutup rapet menggunakan kain.

Dalam kondisi yang waktu itu bagi penulis dingin banget, jujur kasihan lihatnya. Ya, lihat anak kecil yang muter-muter minta-minta sama lihat yang digendong. Mau ditutup serapat apapun pasti tetep dingin, ini di perempatan ring road lo, angine lumayan kenceng dan dinginnya mantab. Dalam kondisi seperti itu hanya mbak mbak yang seneng pake hotpen yang kemungkinan gak ngerasa dingin.

Penulis juga punya anak kecil, waktu masih bayi mau ditutup serapat apapun kalau gak dalam kondisi bener-bener penting gak pernah diajak keluar malam karena kalau kemana-mana naik motor. Takut kedinginan terus sakit. Kan orang tua juga nanti yang panik dan repot. Apalagi ini, anak kecil di perempatan ring road, malam-malam. Gak kebayang deh orang tuanya kok ya tega gitu. Kalau alasannya emang karena gak punya dan untuk bantu-bantu cari uang, mosok ya sampai harus mengorbankan anak seperti itu. Sudah sedemikian menyerahkah orang tuanya.

Berhubung gak tahu alasan sebenarnya dari orang tua yang membiarkan anaknya minta-mita malam-malam jadi ya hanya bisa nebak-nebak aja tanpa tahu yang benarnya kayak apa.

Yang bikin dilema adalah, sebenarnya pengen ngasih ke anak itu, jujur kasihan lihatnya, tapi kalau dikasih malah bisa jadi kebiasaan tiap malam jadi minta-minta terus soalnya pada dikasih. Coba kalau gak ada yang ngasih sama sekali, ada kemungkinan berhenti dan gak minta-minta lagi wong gak ada yang mau ngasih lagi. Tapi ya embuhlah 🙁

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.