Nexus 7 versi 3G/LTE memang seperti terlupakan oleh google, disaat nexus lain yang kebagian jatah android lollipop sudah mendapatkan update, 2 varian nexus ini belum dapat. Sampai akhirnya kemarin secara mendadak image untuk 2 varian tersebut muncul di halaman factory image untuk nexus.

Berhubung penulis termasuk yang menunggu update ini, dan kalau nunggu OTA mungkin masih lama, akhirnya download aja image nya. Untuk langkah-langkah “flashingnya” sebenarnya sederhana saja, yang penting nexus 7 nya masih original belum dipasang custom recovery atau custom rom, kalau sudah lebih baik kembalikan ke versi kitkat original dari google baru update.

Langkah pertama, pastikan adb dan fastboot sudah ada di komputer, bisa download langsung dari sini (kalau gak salah), atau yang pake linux bisa install paketan untuk distronya.

Setelah itu jangan lupa download image lollipop nya, kemudian ekstrak. 

Setelah itu colokan kabel data ke laptop/komputer dan ke tablet dan masuk ke mode fastboot dengan menggunakan perintah : adb reboot bootloader

Jika tablet masih dalam kondisi locked jalankan fastboot oem unlock untuk membuka lock nya, perlu diingat perintah ini akan menghapus semua data di internal storage jadi lebih baik backup dulu semua data dan aplikasi yang sudah terinstall ke tempat lain.

Saat menjalankan oem unlock, di tablet akan muncul konfirmasi, jangan ditolak nanti dia marah 🙁

Setelah selesai, jalankan script flash-all.sh (linux) atau flash-all.bat

Selesai, proses booting awal pertama akan memakan waktu lebih lama dari biasanya jadi sabar saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.