Lumen Micro Framework

lumen

Gambar diambil dari sini

Pembuat laravel, mas Taylor Otwell, ini sepertinya punya tingkat ke “selo” an yang tinggi, di sela kesibukannya beliau ini baru saja merilis lumen sebuah micro framework yang di desain lebih kecil sehingga bisa bekerja lebih cepat dibanding saudaranya, laravel. Bahkan di website nya lumen berani mengklaim lebih cepat dari silex dan slim, 2 micro framework php yang selama ini dikenal sebagai framework kecil yang super cepat.

Dengan nama laravel di belakangnya sepertinya lumen ini akan cepat mendapatkan tempat di hati para programmer php, ya kalau sekedar ingin membuat website kecil-kecilan yang tidak membutuhkan fitur macam-macam, lumen ini layak dicoba. Selain itu menurut dokumentasinya fitur-fitur yang ada pada laravel pun bisa digunakan pada lumen, misal nya saja cache, validation atau eloquent. Bahkan menurut mas taylor, jika kita ingin mengupgrade lumen ke laravel itu mudah sekali, dari website lumen:

Since Lumen is powered by Laravel’s components, just drop your code into a Laravel installation. You won’t have to change a thing.

Sepertinya memang menarik, kalau pas ada waktu selo bisa buat mainan 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.