Jadi beberapa hari yang lalu, si nexus 7 tiba-tiba nge-freeze. Setelah hampir seharian di taruh dalam tas dan tidak digunakan, layar bisa dinyalakan tapi tidak bisa di apa-apakan. Swipe kanan kiri atas bawah semua percuma.

stuck di tulisan google

Sempat dicoba melakukan restart dengan menekan tombol power agak lama, tetapi layar hanya stuck di tulisan Google. Ditunggu sampai hampir 1 jam ya sama saja. Nyoba masuk ke recovery dengan menekan tombol power + volume down, bisa masuk, tapi setelah memilih ke recovery ya tetep stuck di tulisan Google. Berharapnya sih jika bisa masuk ke recovery terus bisa di flash ulang.

Akhirnya nge post ke Instagram + Facebook. Ya siapa tau ada temen yang pernah ngalamin dan bisa berbagi solusi. Beberapa teman langsung merespon. Ada yang menyarankan agar flash ulang via recovery ada juga yang menyarankan flash via fastboot. Sayangnya karena waktu itu masih dalam kondisi lebaran, belum sempat untuk menghidupkan laptop dan mencobanya. Yang terpikirkan sih kalau gak bisa flash ulang ya bawa ke service center, siapa tahu ada komponen yang sudah menyerah dan minta ganti.

Iya, sempat mendownload factory image terbaru juga, persiapan untuk flashing kalau sudah selo.

Sampai akhirnya kemarin sempat iseng searching mengenai kasus ini dan oleh Google diarahkan ke sebuah website. Disitu ada yang mengalami kasus yang sama, dan solusi nya luar biasa sederhana. Cukup dengan menekan nekan bagian belakang dari device saat dalam posisi stuck di tulisan Google, Dan ternyata itu berhasil. Beberapa Kali menekan bagian belakang pas tulisan Nexus langsung bisa meneruskan proses start up seperti biasa. Entah ada kabel yang kendor atau gimana yang bisa fix dengan ditekan, yang jelas Nexus 7 nya sekarang dalam kondisi normal. Sudah dinyalakan semalam, buat nge game juga dan draft tulisan ini juga ditulis juga pake Nexus 7 nya.

Well semoga lancar jadi tidak perlu di lembiru.

 

2 thoughts on “Perbaikan Aneh Nexus 7

  1. Mungkin punggung si ponsel sedang lelah, butuh dipijet.

    1. Harry Yunanto berkata:

      sisan dikeroki kudune ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.