Sehari Bersama Luna

Yak seharian ini menggunakan elementary OS, pagi download kemudian install dan langsung digunakan :D. Elementary OS adalah sebuah distro yang berbasis ubuntu 12.04. Sudah lumayan jadul bagi yang suka dan hobi dengan sesuatu yang selalu baru. Tapi ini ubuntu nya, kalau elementary OS nya sih baru sebulanan ini rilis dengan code name “Luna”. Dan jangan takut karena ubuntu 12.04 adalah edisi LTS maka support nya masih jalan terus, jadi aplikasi-aplikasi dari ubuntu masih selalu up to date.

Dari tampilan menurut saya lumayan bagus, simple gak neko-neko dan nyaman di mata. Sebuah panel diatas dengan menu, tanggal dan beberapa indikator seperti batre, network dll, standar lah karena OS atau distro lain biasanya juga begitu meski mungkin beda penempatan. Serta sebuah dock tempat aplikasi disebelah bawah. Oya jangan lupa di desktop nya tidak ada icon sama sekali, bersih.

Untuk aplikasi yang disertakan sangat minimalis sekali, pemutar musik dan video, text editor, penampil gambar, penampil pdf dan beberapa aplikasi kecil lain. Aplikasi office? tidak ada, ya distro ini default nya tidak menyertakan aplikasi office, sehingga mau tidak mau harus install sendiri. Tapi gampang kok tinggal buka google masukan “libreoffice ubuntu 12.04” cari dan install. Sayangnya yang ditempat saya karena menggunakan repo bawaan yang diinstall libreoffice versi 3, kalau gak salah terbaru sudah versi 4. Ya tinggal cari caranya biar bisa update ke libreoffice versi terbaru :D.

Aplikasi setting yang disertakan juga hanya menyediakan beberapa setting saja, tidak ada setting untuk ganti tema atau icon, kalau ganti background sih ada. Untungnya ada aplikasi pihak ketiga yang bisa didownload dan digunakan. Beberapa panduan setelah instalasi Luna bisa dilihat di elementaryupdate.

Selama penggunaan seharian ini, lumayan nyaman. Hanya perlu membiasakan penggunaan beberapa aplikasi saja. Dan karena basisnya ubuntu maka aplikasi-aplikasi yang biasa saya gunakan untuk bekerja sehari hari ya tinggal apt-get install saja, bisa dibilang tidak ada masalah. Hanya dalam waktu sebentar saja sejak install sudah bisa digunakan untuk bekerja.

Sedikit masalah hanya aplikasi file manager (pantheon-files) yang mendadak beberapa kali crash (menutup sendiri) dan batre yang menurut saya agak boros. Untuk masalah batre tinggal install tlp dan sepertinya sudah lumayan ini batre nya.
elementary os luna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.