Baru tahu kalau ternyata microsoft meluncurkan Code, text editor multi platform yang bisa jalan juga di linux dan mac, jadi tidak hanya di windows saja. Mantab lah sepertinya microsoft akhir-akhir ini memang sedang senang mendekat le platform lain.

Kalau dilihat dari https://code.visualstudio.com/Docs/languages bahasa pemrograman yang di support cukup banyak. Ada c++, python, php, javascript dll.

Salah satu yang menarik adalah native support untuk git, jadi saat kita membuka folder yang merupakan proyek yang menggunakan git maka saat kita melakukan klik pada icon git di menubar akan membuka sidebar sebelah kiri dan isinya adalah status git dari proyek kita. Kita bisa langsung melakukan stage, commit, pull dll dari situ. Cukup menarik karena ini fitur native tanpa perlu plugin tambahan.

Secara tampilan juga cukup menarik, tidak kalah dengan text editor yang saat ini sedang booming yaitu sublime text atau atom. Untuk masalah tema Code ini hanya bisa menganti theme ke dark atau light, belum bisa mengganti theme atau syntax color scheme.

Saat melihat-lihat di dokumentasi nya ternyata Visual Studio Code ini menggunakan atom electron yang artinya memiliki core teknologi yang juga digunakan oleh atom editor. Mantap sekali ini.

Architecturally, Visual Studio Code combines the best of web, native, and language-specific technologies. Using the GitHub Electron Shell, Code combines web technologies such as JavaScript and Node.js with the speed and flexibility of native apps.

Happy Coding

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.