Iseng Dengan Jekyll

Jekyll ini adalah sebuah blog engine (atau apalah namanya), untuk membuat website atau blog tanpa menggunakan database. Serius tanpa database? yup, cukup menulis dengan format markdown maka jekyll yang selanjutnya akan bekerja dan menampilkan hasilnya sebagai sebuah website yang cantik. Cukup dengan membuat repository di github, clone ke lokal, pasang tema jekyll dan push kembali ke github maka sim salabim website sudah selesai.

Oya jekyll ini dibuat dengan bahasa pemrograman ruby, jadi kalau mencoba jangan lupa install dulu ruby nya, kalau mau lebih asyik bisa memanfaatkan rvm sehingga kita bisa gonta-ganti versi ruby seenak hati kita.

Untuk tema website nya sendiri kita bisa mencari di jekyllthemes, pilihannya memang tidak sebanyak wordpress, tapi itulah tantangannya, kalau gak ada yang cocok ya buat sendiri saja, tidak perlu repot-repot.

Meskipun bagi saya pribadi membuat website dengan jekyll itu sangat mudah, tapi tentu saja bagi yang lain malah menjadi super sulit. Apalagi bagi yang tidak terbiasa bermain dengan yang namanya git, repository, cli dan kawan-kawannya. Jadi ya sesuaikan dengan kebutuhan saja.

Happy blogging

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *