Pengalaman Belanja Online

Dalam kondisi sekarang dimana koneksi internet mudah diperoleh, bagi saya tentunya, walau hanya internet dengan model kuota bukan broadband unlimited, belanja secara online tentu saja sering menjadi pilihan. Terutama untuk barang yang kemungkinan susah didapatkan secara offline. Walau nyaman tapi tentu saja belanja secara online cukup beresiko, entah barang yang ternyata kurang sesuai dengan gambar/foto yang terpajang atau mungkin ukuran yang kurang pas (misal baju atau sepatu). Selain itu resiko dalam perjalanan juga besar. Resiko barang rusak atau hilang dijalan selalu menghantui, belum lagi ongkos kirim yang mahal jika ternyata lokasi kita dengan penjual cukup jauh.

Beberapa waktu yang lalu, dalam jeda waktu yang tidak terlalu lama, saya punya 2 pengalaman yang cukup menarik dengan proses jual beli online ini. Yang pertama adalah layanan kurir yang tidak sesuai, dalam proses transaksi ada pilihan untuk menggunakan salah satu layanan kurir yang terkenal, sebut saja inisialnya jne, dengan layanan biasa/regular atau layanan yang sampai esok harinya. Berhubung beda biaya tidak terlalu besar, hanya 4k, akhirnya memilih layanan esok sampai.

Saya sendiri sudah beberapa kali menggunakan layanan sejenis ini, dan biasanya lancar. Barang dikirim hari ini dan besok benar-benar sudah sampai. Kebetulan selalu menggunakan alamat kantor yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, jadi kurirnya tidak perlu blusukan ke kampung-kampung dalam mencari alamatnya.

Nah untuk kejadian kali ini, begitu nomor resi sudah di update ke website tokonya dan saya cek ternyata si penjual menggunakan layanan yang reguler. Tetapi ya berpikir positif saja, siapa tahu saking banyaknya transaksi sehingga si penjual salah dalam mengirimkan paketnya, seharusnya paket cepat akhirnya menggunakan paket yang biasa.

Yang kedua, proses sama, memilih layanan esok sampai juga. Dan yang ini penjual benar-benar mengirimkan barang dengan layanan esok sampai. Nah masalahnya di pihak kurirnya. Kalau dibaca di penjelasan produknya sih layanan ini tidak dibatasi hari libur (minggu maupun libur nasional) “dengan target kiriman sampai di tujuan pada keesokan harinya termasuk pada hari Minggu dan libur nasional“. Nyatanya barang dikirim hari jumat siang, hari senin baru sampai. Well mungkin saya yang terlalu percaya dengan tulisan itu ya jadi nya malah mangkel sendiri.

Sempet saya komplain ke twitter nya jne tapi ya jawabannya standar aja, permohonan maaf dan bla bla bla.

Saya memang bukan konsumen yang baik, konsumen yang baik pastinya akan melakukan komplain dengan keras karena sudah bayar lebih mahal tapi kok dapat pelayanan yang sama dengan yang biasa. Padahal dalam penjelasan tentang layanan tersebut ada kata-kata “memberikan jaminan biaya kirim kembali apabila kiriman tidak diterima pada keesokan harinya melewati pukul 23:59

Well besok-besok lagi jangan lupa, pake reguler saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *