Fitur Automated Task Pada MIUI 8 Global Beta

Pada minggu lalu, MIUI Global Beta Rom 6.10.13 mengenalkan fitur baru yaitu Automated Task. Seperti namanya, fitur ini bisa digunakan untuk melakukan automatisasi dari hal-hal yang biasa kita lakukan secara manual. Misalnya saja, kita ingin agar selama berada di kantor ponsel dalam keadaan silent ya sekitar jam 8 pagi sampai jam 5 sore, atau ketika malam waktu tidur kondisinya dalam mode airplane mode. Hal-hal tersebut memang bisa dilakukan secara manual, tetapi tentu lumayan ribet kalau setiap hari harus silent/unsilent atau aktif/non aktifkan airplane mode secara manual. Ada kemungkinan lupa yang bisa saja mengganggu kegiatan lain.

Menu Automated Task ini ada di dalam Security – Tools – Automated Task. Untuk menggunakannya mudah sekali. Buka aplikasi Security kemudian scroll ke bawah sampai menemukan menu Automated Task.

Menu automated task

Setelah terbuka, akan muncul daftar dari task yang sudah pernah kita buat serta kondisi nya, apakah dalam kondisi on/aktif atau tidak. Untuk menambah task baru dengan tap pada tombol + di kanan bawah.

Klik pada lingkaran biru pada pojok kanan bawah untuk menambah task

Setelah itu akan muncul halaman untuk memasukan nama dari task serta kondisi dan aksi yang akan dilakukan. Untuk kondisi sendiri ada 3 pilihan yang bisa dilakukan. Yang pertama adalah “Timer” pada pilihan ini kita bisa menentukan tanggal dan waktu kapan task akan dijalankan. Yang kedua adalah “When battery reaches a certain level”, pada pilihan ini task akan dijalankan saat battery ponsel sampai pada kondisi tertentu. Dan yang ketiga adalah “Set time”, nah pilihan ini yang paling fleksibel. Kita bisa menentukan rentang waktu untuk task yang akan dijalankan, misalnya ingin melakukan silent tinggal kita set waktu mulai dan waktu akhirnya. Kita juga bisa menentukan pada hari apa saja task akan dijalankan.

Pilihan kondisi

Setelah kondisi ditentukan, jangan lupa untuk menentukan aksi apa yang akan dijalankan, akan menjadi percuma kan kalau kita menentukan kapan waktu task dijalankan tapi tidak ada aksi yang dipilih.

Pilihan aksi yang bisa dipilih

Pilihan aksi yang tersedia cukup banyak, dari airplane mode, silent bahkan sampai clear memory. Tinggal dipilih saja kemudian simpan. Setelah itu tinggal tunggu saja, pada waktu yang ditentukan task yang sudah kita setup akan dijalankan.

Sekian pengenalan mengenei fitur Automated Task pada MIUI 8. Sayangnya fitur ini baru ada pada versi Global Beta ROM dan belum muncul pada versi stabil dari MIUI 8. Tapi tunggu saja, kemungkinan tidak lama lagi fitur ini pasti akan muncul di ROM stabil.

Happy Flashing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *