CyanogenMod 14.1 di Mi4i

 

Thread CyanogenMod 14.1 di xda developers

Android versi terbaru yaitu versi 7 sudah rilis sejak beberapa waktu yang lalu. Dan seperti biasa, para pembuat custom ROM pun mulai unjuk gigi dengan update versi terbaru mereka. Dan ternyata ada developer yang merilis ROM cyanogenmod 14.1 untuk mi4i. Sebenarnyasudah ada ROM cyanogenmod ini dari awal mi4i dirilis, kalau gak salah versi 12.1 kemudian versi 13. Untuk 2 versi itu belum pernah nyoba sama sekali. Sempat lihat-lihat thread tentang cm 13 tetapi masih banyak komplain tentang bug yang muncul akhirnya gak jadi nyoba.

Untuk cyanogenmod 14.1 sendiri berbasis pada android 7.1, versi terbaru android. Sehingga cukup membuat tertarik apakah ROM ini bisa lancar jika dijalankan pada mi4i. Apalagi dihadapkan pada kenyataan bahwa MIUI 8 global beta yang saya gunakan performanya kurang bagus, laggy dan terlalu banyak bloatware yang tidak terpakai.

Meski cyanogenmod 14.1 ini masih ada bug, tapi bugnya tidak terlalu penting. Sampai saat digunakan hari ini yang tidak berjalan adalah FM radio dan senter. Untuk yang lain-lainya lancar saja. Untuk baterai sendiri memang lebih boros dibandingkan MIUI tapi rasa-rasanya tidak terlalu bermasalah karena tertutup oleh performa yang lebih oke.

Untuk dapat melakukan instalasi cyanogenmod ini di mi4i, yang dibutuhkan adalah:

  1. Custom recovery, saya menggunakan TWRP
  2. MIUI 6 6.6.10.0
  3. ROM cyanogenmod 14.1
  4. Gapps, bisa di download di opengapps.org, pilih untuk android 7.1 dan platform arm64, untuk variant nya sendiri di xda kebanyakan merekomendasikan pico

Kalau semua bahan sudah tersedia tinggal lakukan flashing. Dan kalau sudah selesai tinggal menikmati android 7.1.1 di mi4i.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *